[NEWS] Dalam berbagai bahasa, JYP menguraikan keberhasilannya di panggung global!

Wonder Girls terus “memukau dunia” sebagai salah satu grup K-pop papan atas yang aktif di luar negeri. Kelompok yang terdiri dari lima anggota menggebrak “Wonder World Tour” di Singapura pada hari Sabtu minggu lalu di depan 4.000 penggemar.

Empat puluh media muncul di Ballroom Kompas di Resorts World Convention Centre di Santosa di pusat kota.

Wonder Girls akan tampil di Malaysia bulan depan dan di Indonesia, Thailand dan Vietnam pada bulan November, menurut agensi mereka, JYP Entertainment.

Awal tahun ini, Wonder Girls menandatangani kontrak dengan DefStar Records, sebuah anak perusahaan dari Sony Music Japan.

Di luar Asia, Wonder Girls dianggap sebagai pelopor K-pop di Amerika. Setelah merilis “Nobody” dan tur dengan Jonas Brothers, gadis-gadis yakin mereka bisa sukses di jalan besar di Amerika Serikat. Pada 5 September, Wonder Girls tampil pada iHeartRadio, platform radio terbesar di AS secara online radio, dan acara itu disiarkan secara langsung ke situs Web sekitar 70 stasiun radio.

Pada akhir 2009, versi bahasa Inggris single “Nobody” mereka memasuki chart no 76 di Hot, Billboard 100. Ini pertama kalinya kelompok Korea berada di chart.

Pada tahun 2010, Wonder Girls memasuki pasar Cina dengan album kompilasi yang termasuk versi bahasa Cina dari “Tell Me,” “Nobody” dan “So Hot.”

Tahun ini gadis-gadis itu memiliki sebuah film TV Amerika, “The Wonder Girls,” dan soundtrack film berjudul “The DJ Is Mine” menampilkan kelompok AS School Girls . Judul lagu mencapai No 1 di tangga lagu di Korea dan film telah disiarkan pada kabel saluran TeenNick.

Pada bulan Juli, kelompok ini merilis single digital “Like Money” juga dari film TV mereka. Artis Amerika R & B dan hip-hop Akon adalah fitur pada lagu dan ia juga muncul dalam musik video. Dan gadis-gadis melakukan perform pertama mereka dengan Akon di Green Grove Festival di Korea.

Di balik semua kesuksesan Wonder Girls adalah produser mereka, Park Jin-young, seorang penyanyi-penulis lagu dan CEO JYP.

Dalam seri ketiga Korea JoongAng Daily dari cuplika “Inside K-pop” series, kita melihat di balik bakat-bakat para artis di JYP Entertainment.

Di antara K-pop wannabes, SM Entertainment, lembaga terbesar di Korea, dikenal untuk menempatkan lebih berat pada penampilan seniman ‘, sementara YG Entertainment lebih memilih seniman dengan “karakteristik yang berbeda.”

JYP, salah satu terbesar ketiga entertainment Korea, dikenal untuk fokus luar negeri dan preferensi untuk seniman dengan kemampuan berbicara bahasa asing.


Ketika salah satu member Wonder Girls Sunmi meninggalkan grup pada bulan Januari 2010 untuk mengejar karir akademis, Park merekrut Lim, yang fasih berbahasa Korea, Inggris, Mandarin dan Kanton. Dengan penambahan Lim, Park memberikan jadwal kegiatan di luar negeri untuk Wonder Girls. “Saya secara pribadi mengajarkan gadis-gadis bahasa Inggris,” jelas Park pada talk show baru-baru ini.

Park, yang mencapai sukses sebagai penyanyi dan penulis lagu serta produser, memasuki pasar Amerika jauh sebelum Wonder Girls membuat debut mereka AS. Park melatih Jung Ji-hoon (Rain), yang kemudian membuat nama untuk dirinya sendiri di rumah dan di luar negeri sebagai Rain heartthrob. Namun, Rain meninggalkan JYP pada tahun 2007 ketika kontraknya berakhir untuk mendirikan perusahaan hiburan sendiri.

Pada tahun 2005, Park mengatakan kepada rekan-rekannya di JYP bahwa ia ingin memasuki pasar Amerika bukan sebagai penyanyi, tetapi sebagai penulis lagu.

“The song ‘How to Avoid the Sun” di album kedua Rain adalah lagu ke 23 saya yang menjadi No 1 di tangga lagu Korea,” kata Park pada talk show. “Aku harus pergi untuk sesuatu yang lebih menantang, apa pun hasilnya.”

Park mengatakan saat itulah ia memutuskan untuk memasuki pasar AS atas biaya sendiri setelah ‘investor berbeda pendapat.

Menurut Park, investor berpikir “dinding yang terlalu tinggi,” tapi dia “keras kepala bersikeras” dan akhirnya menegosiasikan kesepakatan.

“Mereka bilang aku harus pergi dengan biaya sendiri dan bahwa saya harus datang kembali jika saya tidak mencapai Top 10 di chart Billboard dalam waktu satu tahun dengan salah satu lagu yang saya jual,” kata Park.


Meskipun keraguan tentang Park “empty passion,” dia menjual lagunya “The Love You Need” untuk Maze dan naik ke posisi keempat dengan hanya satu bulan untuk batas waktu satu tahun.

“Rasanya seperti mimpi menjadi kenyataan. Saya mampu untuk mencapai tujuan tersebut dalam waktu 11 bulan saya tinggal di AS, “kata Park. Segera setelah itu, ia menerima telepon dari agen Will Smith. Entertainment ini membeli “I Wish I Made,” yang ada di album Smith peringkat keenam di chart Billboard “Lost and Found.”.

“Mereka meminta saya berapa banyak saya menerima untuk sebuah lagu, jadi saya katakan kepada mereka untuk membayar saya apa pun yang Anda bayar kepada saya sebagai penulis lagu pemula,” kata Park. “Mereka membayar saya 15 juta won ($ 13,290), lebih dari yang saya terima di negara asal saya, di mana saya sudah cukup terkenal.”

Sebagai “unknown Asian songwriter,” kata Park, ia harus terus-menerus.

“Saya ingin seniman Amerika untuk mendengarkan lagu-lagu saya tanpa prasangka apapun jadi saya menggunakan JYP sebagai nama saya bukan nama Park karena kedengarannya begitu Korea,” katanya.

“Saya mengunjungi agensi setiap hari. Saya kira tidak ada yang melakukan itu .Saya berbicara dengan resepsionis dan memintanya untuk bertemu ke artis atau manajer. Dan keesokan harinya aku pergi dan bertanya apakah ia telah berlalu itu ke mereka dan jika tidak, aku akan pergi lagi keesokan harinya, sampai dia tidak. ”

Park dikenal untuk hidup tertata baik. Pada talk show baru-baru ini, ia menunjukkan dua lantai rumahnya dan menggambarkan rutinitas sehari-hari.

“Aku sudah bangun pukul 8 pagi setiap hari selama 17 tahun terakhir. Saya kemudian minum secangkir susu kedelai dan satu sendok madu. Aku makan setidaknya dua buah yang berbeda dalam sehari, dan secangkir minuman vegetarian. Semua ini membutuhkan waktu 15 menit, “kata Park.

Park mengatakan ia kemudian mengamati selama 30 menit untuk sebuah lagu yang ia tulis 17 tahun yang lalu, melakukan latihan vokal selama 30 menit dan bekerja keluar selama dua jam berikutnya.

Gaya hidup disiplin nya menular ke artis JYP dan para trainee.

“Kami senang tampil di panggung global karena kita dapat mengalami budaya yang berbeda dan belajar banyak saat melakukan apa yang kita cintai pada saat yang sama,” kata Lim. “Aku tahu ini mungkin karena dukungan dari produser kami, Park Jin Young, dan perusahaan.”


Lim mengatakan fokus Park pada “pendidikan” untuk seniman dan trainee membantu mereka untuk “terhubung lebih baik dengan fans internasional.”

“Mulai dari belajar bagaimana untuk menyapa dalam bahasa mereka sendiri sudah membuat fans kami di negara bahagia dan kagum,” kata Lim. “Kami tidak pernah mengabaikan upaya untuk mempelajari bahasa asing.”

Selain itu, semua peserta menerima pendidikan seks oleh seorang profesional setelah bergabung badan. Rain harus membaca koran, baik konservatif dan liberal, dan menyerahkan esai ke Park setiap pagi. Selama mereka tinggal di New York, Wonder Girls mendapat kursus politik Amerika dari Park. JYP juga dikenal memiliki kewajiban “harus membaca” buku di perpustakaan perusahaan para trainee harus membaca dan menyampaikan laporan tentang buku tsb. Peserta pelatihan juga harus mempertahankan nilai-nilai yang baik di sekolah untuk bertahan di agensi.

Park mengatakan ada alasan di balik persyaratan tersebut.

Kebanyakan artis K-pop memulai pelatihan mereka di sebuah agen hiburan dari usia yang sangat muda, dan mereka sering dibebaskan dari menghadiri sekolah. Namun, Park mengatakan dia melihat begitu banyak dari mereka salah jalan setelah kehilangan popularitas mereka.

“Sungguh menyakitkan melihat mereka dalam situasi seperti ini. Aktor atau aktris dapat mengambil peran kecil setidaknya, tetapi penyanyi, jika mereka kehilangan popularitas, mereka harus mengejar karir lain. Untuk melakukannya, mereka harus dididik dan dipersiapkan, “kata Park.

Meskipun mungkin tampak seperti semua lembaga hiburan lebih memilih bakat, Park mengatakan ia cenderung untuk memilih mereka yang “berhati lembut.”

“Saya lebih tertarik pada orang-orang yang terlihat seperti mereka membutuhkan bantuan saya. Dan aku suka mereka yang murni dan polos. Mereka yang tidak bisa menyembunyikan perasaan mereka karena mereka terungkap dalam ekspresi wajah mereka, “kata Park pada talk show.

“Mungkin ada seorang seniman atau trainee di JYP kurang dalam kemampuan menyanyi dibandingkan dengan artis lain di instansi lain, tetapi tidak ada pelatihan atau artis di JYP yang tampak tidak alami atau buatan.”

Sumber : koreajoongangdaily.joinsmsn.com
IndoTrans : K-Sun of Wonderfuls Indonesia
Published by admin dii12_

PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDIT!!

Tinggalkan Komentar

